Sabtu, 16 November 2013

Dampak Beasiswa Mahasiswa bersyarat SKTM (Surat Tanda Kurang Mampu).



Mahasiswa seringkali mencari beasiswa untuk melancarkan perkuliahannya.Institus biasanya mendapatkan beberapa program beasiswa, ada beasiswa gakin (beasiswa untuk orang yang kurang mampu secara materi), beasiswa prestasi (berdasarkan nilai IPK), dan beasiswa-beasiswa program pemerintah dari luar kampus, misalnya Bank Indonesia. Persyaratan dalam penerimaan beasiswa ini seringkali dimintai Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), surat ini didapat berdasar survey dari RT, RW, Kelurahan desa mahasiswa tersebut.Beasiswa tanpa persyaratan SKTM biasanya diberikan oleh pihak perusahaan swasta.

Beberapa mahasiswa secara materil, jika dilepas status ‘mahasiswa’, ia hanyalah seorang pengangguran. Karena mereka belum dapat menghasilkan rupiah dari keringatnya.Mereka masih bergantung pada ‘kiriman’ dari orang tua.Sehingga tak jarang, mahasiswa berusaha untuk mendapatkan beasiswa prestasi, dengan menjadi mahasiswa akademik ataupun aktivis.Sekalipun mungkin, secara materil, orangtuanya mampu menghidupi mahasiswa tersebut. Namun, manusia pada dasarnya tidak pernah merasa puas akan kebutuhan. Mungkin saja, mahasiswa ituingin  menabung untuk membeli kamera atau sepeda motor. Pastinya mahasiswa itu lebih bahagia jika uang yang didapatkan dari hasil keringatnya, yaitu dari ‘nilai akademik atau aktivisnya’.
Beasiswa yang ditawarkan oleh Institusinya seringkali meminta surat SKTM. Sehingga mahasiswa yang ingin memperoleh beasiswa berdasarkan murni dari kecerdasaannya merasa kecewa, apalagi jika secara materil, orangtuanya mampu menghidupinya bahkan lebih dari biaya kuliah.Tidaklah etis ketika sebuah keluarga yang mapan meminta SKTM ke Kelurahan.Namun dilain sisi, mahasiswa yang membutuhkan uang untuk kebutuhan pribadinya ingin sekali mendapatkan beasiswa tersebut. Hingga akhirnya, ia berusaha meminta SKTM itu pada perangkat Desanya.
Melihat persyaratan beasiswa disertai dengan SKTM perlulah kita renungkan kembali, apakah benar pemilik SKTM itu adalah orang yang kurang mampu ?Secara individu, mahasiswa memanglah kurang mampu, karena mahasiswa bergantung pada orangtuanya (kecuali mahasiswa mandiri, yang menghidupi dirinya sendiri). Jika ternyata pemilik SKTM tidak hanya dari kalangan kurang mampu, lalu bagaimana nasib mereka yang kurang mampu ?. Yang lebih ditekankan lagi denganadanya persyaratan SKTM ini, misalkan ada mahasiswa mampu (materi keluarganya) namun memang benar-benar memiliki IPK tinggi meminta SKTM pada perangkat Desanya maka secara tidak langsung, ia melakukan tindakan perendahakan diri dan keluarganya. SKTM memberikan gambaran pada mahasiswa itu seolah-olah ‘kurang mampu’.Sehingga  secara tidak langsung pula, mahasiswa tersebut diajarkan dan dididik untuk bersikap ‘meminta’ dan merasa ‘kurang’. Hal ini tentu berpengaruh pada kehidupan ke depannya dan pada orang lain yang akan meneruskan langkahnya. Perlulah kiranya, pemerintah lebih merenungkan dampak yang dibuat dari persyaratan ini dan melakukan tindakan tegas terhadap pemisahan beasiswa Gakin dan beasiswa Prestasi.Semoga.

4 komentar:

  1. apa motifmu menulis ini?
    aku juga sering memikirkan hal yang sama :) banyak kecurangan.
    btw, aku mengajukan beasiswa gakin karena memang butuh untuk membayar biaya semester. you know my condition, right? so i'm not the part of student who did .... ya ya ya.
    tapi melihat kondisi kampus kita, daripada duitnya disalah gunakan oleh pihak atas, lebih baik untuk mahasiswanya ya kan, tanpa melihat ia kaya atau tidak.
    hm, kebijakan kampus yang harus diperbaiki segera, agar mahasiswa tidak sembarangan :)

    BalasHapus
  2. jujur aku pengen dapet beasiswa tapi paleng g suka klo harus melampirkan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) klo SKBM (Surat Keterangan Belum Mampu) masih mending... karena seolah kata2 itu jadi doa bagiku... kuliah sambil kerja penghasilan pas-pasan mau itu g bisa mau ini g bisa haha... sudah g mungkin menggantungkan ke orang tua yg sudah pensiunan... keep fight...

    BalasHapus
  3. Saya juga kepingin dapet beasiswa, tapi tanpa surat keterangan tidak mampu, selama ini saya tidak bisa daftar beasiswa ya karna saya tau orng tua saya mampu membiayai saya. Tapi saya sebagai anak pastinya inginlah meringankan beban Orang tua saya. Karena saya juga punya adk yang tahun depan bakalan kuliah juga. Tapi mau bagaimana. Kalo memang beasiswa harus pakai sktm.

    BalasHapus
  4. klo sktm diubah ke skbm digimananin ?
    Sya juga mempunyai kedua orang tua yang mampu membiayai saya,tapi untuk meringankan beban kedua ortu saya maka saya mau ikut beasiswa dan beasiswa harus pakai sktm.

    BalasHapus